#
Direktorat Sekolah Menengah Atas
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Penyelarasan Implementasi Kebijakan Penilaian

#

Bogor 6 Oktober 2021, Direktorat SMA melaksanakan kegiatan Penyelarasan Implementasi Kebijakan Penilaian Tahap 1 Tahun 2021 di Hotel Permata Bogor pada Rabu s.d. Sabtu, 6  s.d. 9 Oktober 2021. Kegiatan tersebut dihadiri 102 peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas dan LPMP dari seluruh provinsi di Indonesia.

 

Salah satu sasaran strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tercantum dalam Rencana Strategis Kemendikbud tahun 2020- 2024 yaitu perluasan akses pendidikan bermutu bagi peserta didik yang berkeadilan dan inklusif adalah meningkatnya pemerataan layanan pendidikan bermutu di seluruh jenjang. Upaya Pemerintah dalam melakukan perbaikan-perbaikan program pendidikan melalui berbagai cara dan berkesinambungan diharapkan dapat memberikan layanan pendidikan bermutu dan berkualitas, yang dapat menjamin bahwa proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah sudah sesuai harapan dan yang seharusnya terjadi.

 

Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbudristek Pasal 109 dan 110 menyatakan bahwa Direktorat SMA memiliki tugas melaksanakan perumusan dan melaksanakan kebijakan di tingkat SMA. Dalam melaksanakan tugas dimaksud,  Direktorat SMA menyelenggarakan fungsi-fungsi penyiapan perumusan kebijakan; penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria; pelaksanaan kebijakan penjaminan mutu; pelaksanaan kebijakan di bidang standar; fasilitasi penyelenggaraan; pemberian bimbingan teknis dan supervisi; penyiapan perumusan penyelenggaraan SMA yang dilakukan perwakilan negara asing atau SPK; pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang penilaian.

 

Untuk melaksanakan fungsi-fungsi tersebut, pada tahun 2021 bidang penilaian telah memprogramkan berbagai kegiatan advokasi, pendampingan dan supervisi di SMA. Program-program tersebut telah dilaksanakan sejak bulan Januari hingga September Tahun 2021.

 

Secara umum, kegiatan Penyelarasan Implementasi Kebijakan Penilaian Tahap 1 diharapkan dapat membantu Direktorat SMA didalam mengevaluasi program-program yang telah dijalankan oleh Direktorat SMA. Program-program tersebut akan diselaraskan dengan para stakeholder untuk dilihat kembali kendala maupun keberhasilan implementasi kebijakan penilaian tersebut dan dapat memberikan dampak kemajuan bagi Pendidikan pada jenjang SMA seluruh Indonesia.

Tujuan kegiatan Penyelarasan Implementasi Kebijakan Penilaian Tahap 1 diantaranya mendorong harmonisasi pelaksanaan kebijakan dan program Direktorat SMA dengan program di tingkat provinsi baik Dinas Pendidikan maupun LPMP, mendorong terwujudnya pembagian kewenangan dalam pelaksanaan program pendidikan pada jenjang SMA, melaksanakan pendampingan dan advokasi dengan melibatkan seluruh stakeholder yang terkait di tingkat provinsi

 

Sementara hasil yang diharapkan dari kegiatan Penyelarasan Implementasi Kebijakan Penilaian Tahap 1 diantaranya: terjalinnya harmonisasi pelaksanaan program Direktorat SMA dengan program di tingkat provinsi baik Dinas Pendidikan maupun LPMP; terwujudnya pembagian kewenangan dalam pelaksanaan program pendidikan pada jenjang SMA; dan terlaksananya pendampingan dan advokasi dengan melibatkan seluruh stakeholder yang terkait di tingkat provinsi.

 

#
22-Nov-2021

Penyelarasaan Implementasi Kebijakan Penilaian Tahap 2

#
06-Nov-2021

Fasilitasi dan Advokasi Pencegahan Siswa Rentan Putus Sekolah Agar Tidak Putus Sekolah di NTB

#
05-Nov-2021

Bantuan Fasilitas TIK untuk pengembangan pendidikan di 1.195 SMA

#
27-Oct-2021

Memahami Substansi untuk Kualitas Pendidikan SMA