#
Direktorat Sekolah Menengah Atas
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Direktur SMA: “Mari Kita Nikmati Cara Komunikasi Baru”

#

Direktorat SMA menyelenggarakan Rapat Koordinasi Evaluasi Jaringan Komunikasi Teman SMA Angkatan I. Rapat yang dilaksanakan pada tanggal 25-27 Oktober 2021 di Hotel Avenzel, Bekasi, ini dibuka oleh  Direktur SMA DR. Suhartono Arham, M.Si, Senin malam, 25 Oktober 2021.

Dalam arahannya, Direktur SMA Suahrtono Arham mengemukakan, “Jaringan Komunikasi Teman SMA memiliki peran strategis dalam menjaga alur penyampaian inforamasi dari pusat ke daerah.” Karena itu, lanjut Pak Direktur, optimalisasi komunikasi tersebut harus benar-benar terjaga agar berbagai informasi dan juga kebijakan untuk mencapai kualitas pendidikan SMA bisa utuh tersampaikan kepada masyarakat.

Rakor Evaluasi Jaringan Komunikasi Teman SMA Angkatan I ini diikuti 98 peserta dari 17 provinsi. Yaitu dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Sementara Provinsi Gorontalo karena terkendala teknis tidak dapat bergabung secara langsung dan mengikuti kegiatan melalui virtual.

Sejak terbentuk di awal tahun lalu, Jaringan Komunikasi Teman SMA memanfaatkan sarana WhatsApp grup untuk menjalin komunikasi. Namun mulai dari kegiatan evaluasi ini, alur komunikasi dan koordinasi akan menggunakan aplikasi Teman SMA. Sejak pandemi, menurut Direktur SMA, kita sudah akrab berkomunikasi dalam beragam aplikasi. Aplikasi Teman SMA ini akan menjadi bagian dari sarana jaringan komunikasi Teman SMA. “Dalam berkomunikasi dan koordinasi ke depan akan diwarnai sistem virtual. Karena itu, kita mengembangkan aplikasi sehingga komunikasi kita bukan hanya menyampaikan pesan dari pusat-daerah tapi kita bisa menikmati komunikasi cara baru ini,” ujar Suhartono Arham.

Mengapa mengguanakan sistem berbasis aplikasi? Direktur SMA menegaskan, karena era sekarang pola komunikasi yang mengedepankan aplikasi akan lebih berkembang. “Mari kita aktif ambil bagian di dalamnya. Komunikasi ke depan harus kita tingkatkan, karenanya kita manfaatkan teknologi dan aplikasi Teman SMA yang kita kembangkan ini,” pesan Direktur.

#
21-Jan-2022

Focus Group Discussion (FGD) Pendampingan Guru BK dalam Penentuan Mapel Pilihan dan Simulasi Penjadwalan Mapel Pilihan SMA

#
07-Dec-2021

Mari Nikmati Teknologi Kekinian

#
22-Nov-2021

Penyelarasaan Implementasi Kebijakan Penilaian Tahap 2

#
06-Nov-2021

Fasilitasi dan Advokasi Pencegahan Siswa Rentan Putus Sekolah Agar Tidak Putus Sekolah di NTB