#
Direktorat Sekolah Menengah Atas
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Mari Nikmati Teknologi Kekinian

#

Pandemi Covid-19 tidak bisa dipungkiri telah mengubah cara pandang kita dalam berbagai sendi kehidupan. Kondisi yang pada awal pandemi menjadi terasa amat berat dan menuntut perubahan ini. Pada perkembangannya perlahan tapi pasti dapat kita atasi meski dengan problematikanya. Dengan berbagai tantangan, kita pada akhirnya mamu beradaptasi dengan kondisi yang kita hadapi bersama, meski dengan ragam solusi yang berbeda tentu saja.

Fakta ini menunjukkan bahwa sejatinya, Allah SWT tidak akan memberikan beban kepada makhluk-Nya melebihi kemampuannya. Jadi, harus kita yakini bahwa pandemi Covid-19 adalah cobaan yang pasti dapat kita hadapi dengan kemampuan yang ada pada diri kita sendiri. Tentu semua didasari oleh ikhtiar maksimal dan tetap menyandarkan apapun hasilnya kepada Yang Kuasa.

Masih segar dalam ingatan kita, misalnya ketika awal pandemi sekolah harus tutup dan pembelajaran harus menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh PJJ dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sekolah dan para guru dituntut mampu memberikan layanan pembelajaran secara virtual, dalam jaringan, beragam aplikasi, dan semuanya berbasis teknologi. Polakomunikasi pun setali tiga uang, tidak bisa dilakukan secara langsung. Jejaring media sosial menjadi pilihan utama.

Seiring beriring waktu, kondisi yang di awal kita cap berat pun berangsur teratasi dan kita pun mampu beradaptasi serta bertahan dengan segala inovasi dan kreatifitas. Akan tetapi, ada satu hal yang harus kita sadari bahwa, mampu beradaptasi saja belumlah cukup, kita harus mampu menikmati “pola baru” dalam episode hidup kita ini agar tak merasa menjadi beban. Dalam berkomunikasi dan pembelajaran misalnya, kecenderungan pola virtual masih akan menjadi pilihan ke depan. Jadi mari kita nikmati “gaya baru” dalam pembelajaran dan berkomunikasi agar hidup kita lebih bermakna.

Sumber : Majalah SMA Episode “Satu Frekuensi PTM Terbatas” Tahun 2021

#
16-Jun-2022

Bimbingan Teknis Terkait Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data Tahun 2022

#
27-May-2022

Kolaborasi Bersama Menjadikan Pelajar SMA Ramah Digital

#
27-May-2022

Wujudkan Talenta Digital Pelajar SMA Dukung Merdeka Belajar

#
16-May-2022

Harris Iskandar Terpilih Menjadi Ketua Umum Asosiasi Widyaprada Indonesia (AWI)