#
Direktorat Sekolah Menengah Atas
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Perencanaan dan Pengembangan Program Kerja dan Organisasi Duta SMA 2022 di Masa Mendatang

#

Bekasi, 10 Maret 2023 – pada acara kedua Evaluasi Kompetensi Duta SMA 2022 yang diinisiasai oleh Pokja Publikasi, Komunikasi, dan Advokasi Direktorat SMA, dilaksanakan kegiatan mentoring dengan tema ‘Bukan Kelas Biasa’, di mana para Duta SMA ini dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok juga diberi tantangan untuk membuat yel-yel agar tetap menjaga semangat mereka sampai akhir kegiatan.
Kegiatan selanjutnya dipandu oleh Radika Mala, dengan memberikan materi sesi diskusi mengenai pentingnya seseorang memiliki nilai (value/valere) sebagai evaluasi dari program Duta SMA tahun 2022. Baginya, nilai akan menjadikan diri kita bermanfaat. “Nilai yang dibawa teman-teman saat ini menjadi penting karena teman-teman memiliki nilai sebagai ‘Duta SMA’. Misalnya produk Nike”. 


Ketika ditanya beberapa pendapat para duta SMA mengenai produk tersebut, banyak yang mengatakan bahwa produk Nike itu terkenal karena nyaman dipakai, kualitasnya bagus, dsb. Dika mengatakan bahwa, “Produk-produk hebat di luar sana (Nike) tidak pernah menjual produknya detail tetapi yang dijual adalah value sebagai produk yang ditawarkan dan mengandalkan emosi dalam promosinya. Sehingga ketika produk itu dipakai, maka timbul perasaan senang dan bangga. Inilah value yang sebenarnya”.
Radika juga menambahkan, bahwa, “ketika kita mempunyai nilai, maka teman-teman memiliki visi dan misi menjadi Duta SMA. Dari value ini, maka nantinya hal ini akan menjadi core value, di mana core value yang dimiliki oleh duta-duta SMA sendiri adalah S.M.A, yakni Sinergi, Mandiri, dan Aktif”. Radika berharap bahwa, semoga duta-duta SMA ini mampu memiliki nilai-nilai yang baik dan juga prinsip yang baik. 
Dalam sesi diskusi selanjutnya, para Duta SMA diberikan tugas untuk mencatat dan mengumpulkan Evaluasi Kompetensi Perilaku dan Program Kerja mereka tahun lalu (2022) melalui core values S.M.A yakni Sinergi, Mandiri, dan Aktif. Selain itu, para duta SMA juga diberikan tugas untuk membuat pemutakhiran hasil identifikasi dan pengembangan organisasi Duta SMA melalui pembuatan kerangka kerja organisasi yang mereka buat, tentang apa yang ingin dicapai melalui evaluasi kompetensi Duta SMA kali ini. Jika pada tahun 2022 Duta SMA menjadi bagian dari TANOS (Tantangan Inovasi Siswa SMA), maka mulai tahun 2023 ini Duta SMA merupakan program tersendiri, hal ini diharapkan agar pengembagan program ini menjadi lebih strategis dan lebih baik.
Sesi selanjutnya adalah penyampaian hasil kegiatan mengenai program kerja yang akan dilaksanakan, sekaligus acara penutupan. Kegiatan kali ini dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok diinstruksikan untuk melakukan presentasi hasil diskusi kelompok mengenai usulan perbaikan dan rencana program kerja yang akan datang. 


Salah satu duta SMA yang berasal dari Provinsi Papua, Holida Nur Aini mengatakan bahwa, “Dalam kegiatan ini, mungkin kita akan merancang program kerja yang akan dilakukan . Karena, Duta SMA tahun ini kan belum menjadi sebuah organisasi, jadi di sini kita disuruh menyusun hal-hal yang menjadikan Duta SMA ini menjadi organisasi yang berdiri sendiri, mulai dari membuat struktural, program kerja yang memang sudah benar-benar tersusun, agar nantinya generasi setelah kita tidak mengalami kesulitan yang sama seperti kita (belum tersusun organisasi, lalu arahnya kemana organisasi ini, tidak ada akses, dan lain sebagainya)”.


Acara terakhir adalah penutupan kegiatan Evaluasi Duta SMA 2022. Acara ini ditutup dengan rasa khidmat. Bapak Dr. Juandanilsyah selaku Ketua Pokja Publikasi, Komunikasi, dan Advokasi Kebijakan juga turut serta hadir dan menyampaikan bahwa, “semoga apa yang dievaluasi dan direncanakan dalam kegiatan ini bisa terealisasikan dengan baik”. Muhammad Winesqi Nibras atau kerap dipanggil Ibas, selaku Duta Nasional Terpilih Provinsi Yogyakarta juga mengatakan bahwa, “semoga kehadiran kami semua sebagai Duta SMA dapat merealisasikan amanah ini sebagai tanggung jawab kami dengan baik. Sebab, saya meyakini bahwa, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain”.


“Besar harapan kami sebagai Pokja Publikasi, Komunikasi, dan Advokasi Direktorat SMA, semoga para Duta SMA ini mampu menjadi role model perubahan yang lebih baik dengan memanfaatkan kesempatan yang diadakan dalam kegiatan kali ini”, ucap Jim Bar Pen selaku penanggungjawab kegiatan acara. 

Penulis  : 
Editor  : 
Dilihat  :  2131 kali


#
05-Jan-2024

Duta SMA Nasional 2023 Shafiqa Azwa Hafiza Peduli Literasi dan Bahasa Isyarat

#
05-Jan-2024

Lantar Maulana Anugerah Daiva Duta SMA Nasional 2023 Prihatin dengan Maraknya Kekerasan di Kalangan Pelajar

#
04-Jan-2024

VANIA PUTRI ARFANDA KURNIA DUTA SMA NASIONAL BERBAKAT 2023 Menggali Potensi Meraih Prestasi

#
04-Jan-2024

Muhammad Iqbal Raihan Siswa SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA Matematika Adalah Solusi