#
Direktorat Sekolah Menengah Atas
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini,
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Perkuat Strategi Komunikasi SMA

#

Rapat Koordinasi Penguatan Tim Jarkom resmi dibuka oleh Plt. Direktur SMA Winner Jihad Akbar, di Hotel Lombok Raya Nusa Tenggara Barat. Sebanyak 140 perwakilan Tim Jaringan Komunikasi (Jarkom) SMA dari 38 provinsi mengikuti Rakor yang diselenggarakan Direktorat SMA pada Kamis, 30 Maret  s.d. 1 April 2023.

Dalam laporannya, Kasub.Pokja Publikasi dan Komunikasi Direktorat SMA Jim Bar Pen, menyampaikan, ada tiga tujuan utama dari penyelenggaraan rakor ini, pertama untuk meningkatkan pemahaman Tim Jarkom terkait strategi kebijakan Kemendikbudristek, kedua meningkatkan kemampuan Tim Jarkom untuk memahami dan mengatasi miskonsepsi yang terjadi di lapangan, dan ketiga meningkatkan kemampuan komunikasi Tim Jarkom dalam berinteraksi dengan target audiens.

Jim Bar Pen menegaskan, Rakor Penguatan Tim Jarkom SMA ini merupakan salah satu ikhtiar Direktorat SMA untuk membekali para peserta demi meningkatkan pemahaman tentang kebijakan Merdeka Belajar dan isu-isu strategis Kemendikbudristek, dan meningkatkan kemampuan Tim Jarkom dalam menggunakan Aplikasi Jarkom SMA.

“Selain menyusun strategi komunikasi terkait kebijakan dan isu-isu strategis Kemendikbudristek, rakor ini juga untuk meningkatkan sinergitas antara Tim Jarkom pusat dan daerah,” ujarnya

Selama tiga hari, peserta rakor berbagi informasi terkait berbagai isu pendidikan SMA yang berkembang di daerah masing-masing, sekaligus juga mendapatkan materi pembekalan dari beberapa narasumber Direktorat SMA. Pada hari pertama, pembekalan materi disampaikan oleh Widyaprada Ahli Utama ada Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek, Purwadi Sutanto, materi yang disampaikan terkait kolaborasi melalui Jaringan Komunikasi SMA.

Pada hari kedua, kegiatan dibuka dengan pemaparan materi Kemitraan Daerah dan Pemberdayaan Komunitas yang disampaikan oleh Kapokja Kemitraan Daerah dan Perberdayaan Komunitas, Hastuti Mustikaningsih. Pada sesi kedua, giliran Kapokja Inovasi dan Tranformasi Pembelajaran, Rina Imayanti menyampaikan materi terkait  Penyelarasan Program dan Kebijakan Implementasi Kurikulum  Direktorat SMA Tahun 2023. Sedangkan pada sesi ketiga, Kapokja Data dan Perencanaan Penjaminan Mutu, Irfan Harry Prasetya, menyampaikan materi berjudul Memahami Kembali Perubahan Ujian Nasional ke Asesmen Nasional. Pada sesi sore, peserta melakukan diskusi berbagai tantangan sekaligus menyusun program kerja. Rakor ditutup dengan pemaparan hasil diskusi dari masing-masing kelompok.

Penulis  : 
Editor  : 
Dilihat  :  629 kali


#
05-Jan-2024

Duta SMA Nasional 2023 Shafiqa Azwa Hafiza Peduli Literasi dan Bahasa Isyarat

#
05-Jan-2024

Lantar Maulana Anugerah Daiva Duta SMA Nasional 2023 Prihatin dengan Maraknya Kekerasan di Kalangan Pelajar

#
04-Jan-2024

VANIA PUTRI ARFANDA KURNIA DUTA SMA NASIONAL BERBAKAT 2023 Menggali Potensi Meraih Prestasi

#
04-Jan-2024

Muhammad Iqbal Raihan Siswa SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA Matematika Adalah Solusi